LKTI

Latar Belakang

Dikalangan mahasiswa, karya tulis ilmiah merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi. Banyak karya tulis ilmiah yang kreatif dan inovatif yang dihasilkan dari mahasiswa. Namun tidak semua pelajar bersedia untuk menghasilkan sebuah karya ilmiah. Kebanyakan Pelajar kurang tertarik untuk membuat suatu karya ilmiah tersebut. Salah satu alasannya karena sebagian dari mereka menganggap terlalu rumit untuk membuat sebuah karya ilmiah.

Hanya sebagian pelajar yang tertarik untuk membuat karya ilmiah, banyak faktor yang menjadi penyebabnya salah satunya adalah karena mereka belum terbiasa untuk membuat sebuah karya ilmiah. Mereka kurang tertarik mengikuti kompetisi atau lomba karya tulis ilmiah yang diadakan oleh berbagai fakultas ataupun universitas lain. Sebenarnya banyak mahasiswa  yang mempunyai bakat dalam menulis karya tulis ilmiah tetapi kemampuan mereka belum bisa berkembang dengan baik karena minimnya media aktualisasi. Diharapkan lomba karya tulis ini dapat menjadi wadah komunikasi ilmiah.

Untuk itulah, kami berinisiatif untuk mengadakan sebuah lomba karya tulis ilmiah Tingkat Perguruan Tinggi Se-Jawa Tengah dan D.I.Y dengan suatu system yang berbeda dengan tema “ Potret Disaster Management di Indonesia” sehingga bisa menarik mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini. Tema ini kita angkat dari kondisi keperawatan darurat dan disaster nursing di Indonesia yang dirasa belum cukup untuk mengatasi permasalahan bencana yang sering terjadi di Indonesia.Harapannya dari kegiatan ini mahasiswa mampu berfikir kritis  untuk meningkatkan peran mahasiswa keperawatan dalam disaster nursing.

Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratur sebagai berikut :

  1. Bagian awal
    • Halaman judul (huruf kapital, mencantumkan nama penulis, nomor induk mahasiswa, perguruan tinggi asal dan logonya).
    • Lembar pengesahan (memuat judul, nama penulis, dan nomor induk mahasiswa) ditandatangani oleh dosen pembimbing, dan pimpinan perguruan tinggi bidang kemahasiswaan lengkap dengan stempel perguruan tinggi, dan diberi tanggal sesuai dengan hari pengesahan.
    • Prakata dari penulis.
    • Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.
  2. Bagian inti
    • Pendahuluan
      Bagian pendahuluan berisi latar belakang dan rumusan masalah, gagasan kreatif yang diuraikan secara singkat mengenai hal yang ingin disampaikan, tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan serta metode studi pustaka yang dilakukan.
    • Telaah pustaka
      Telaah pustaka berisi uraian yang menunjukan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.
    • Analisis dan sintesis
      Bagian ini berisi analisis-sintesis permasalahan yang didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model penyelesaian masalah (solusi) atau gagasan yang kreatif.
    • Simpulan dan Rekomendasi
      Simpulan harus konsisten dengan analisis dan sintesis pada pembahasan serta menjawab tujuan. Rekomendasi yang disampaikan berupa alternatif pemikiran atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi gagasan atau adopsi gagasan oleh masyarakat.
  3. Bagian Akhir
    Bagian akhir memuat daftar pustaka dan lampiran jika diperlukan

Tata Bahasa dan Tata Cara Penulisan

  • Pemakaian huruf, tanda baca dan penulisan kata mengikuti Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.
  • Tata bahasa yang dignakan secara taat asas dan tegas
  • Bahasa yang digunakan tidak mengandung dari unsur dialek daerah, variasi bahasa indonesia, dan bahasa asing yang belum dianggap sebagai unsur bahasa indonesia, kecuali untuk istilah bidang ilmu tertentu.
  • Naskah diketik pada kertas A-4, dengan spasi 1,5, dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf “Times New Roman 12”. Batas pengetikan : samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 3 cm, dan batas bawah 3 cm.
  • Daftar Pustaka.
    Penulisan daftar pustaka merujuk pada sistem Harvard, MLA, Vancouver, atau lainnya.

Alur Pendaftaran

  • Peserta wajib mendaftar secara online dari tanggal 25 Februari sampai 30 Maret 2018 dengan klik kolom daftar yang tertera di bagian bawah dan melakukan registrasi sebesar Rp. 15000/ tim melalui Rekening BRI 5991-01-012917-53-0 An. Titi Almukharomah.
  • Konfirmasi melalui sms dengan format (LKTI_ketua tim_instansi_nama rekening pengirim) setelah melakukan registrasi.
  • Mengumpulkan karya tulis ilmiah dalam bentuk soft file melalui email: lktiunikal@gmail.com dan bentuk hard file melalui pos ke Jln. Sriwijaya 03 (gedung D lantai 1) Kota Pekalongan, maksimal tanggal 9 April 2018.
  • Tim yang masuk babak lima besar akan diumumkan pada tanggal 20 April 2018 melalui website keperawatan unikal dan instagram @himka_unikal serta memaparkan presentasi karya tulis ilmiah pada tanggal 27 April 2018.
  • Pemenang akan diumumkan pada tanggal 28 April 2018.

daftar-disini